Jumat, 11 Januari 2019

Alasan Mengapa Jepang Lebih Maju Dari Indonesia, Berikut Penjelasannya!

Kawanbar.com - Jepang merupakan salah satu negara di Benua Asia yang populer dengan kemajuan teknologinya dalam bidang peralatan elektronik, otomotif, teknologi, budaya hingga warisan alam yang luar biasa. Salah satu negara penghasil robot ini mampu meraup keuntungan yang melimpah berkat produk barang-barang elektroniknya yang mampu dieskpror hampir ke seluruh dunia.


Karena terlalu canggihnya teknologi masa depan yang diciptakan oleh Jepang, tak heran jikalau kini negara Jepang diklaim sebagai negara maju dibanding negara lain dilihat dari berbagai aspek kehidupan. Keberhasilan yang diraih oleh Jepang ini tak luput dari etos kerja dan kedisiplinan yang selalu diterapkan dalam kehidupannya. Meskipun gaya hidup masyarakatnya modern, namun nilai-nilai modern dan tradisional tersebut berpadu secara seimbang.

Banyak hal yang melatarbelakangi alasan mengapa Jepang lebih maju dari Indonesia, yang notabene berada dalam satu benua. Dari sekian banyak alasan, ada beberapa alasan tak terelakkan mengapa jepang lebih maju dari pada Indonesia. Apa saja alasannya, berikut adalah sekelumit ulasannya untuk Anda.

Alasan Kenapa Jepang Lebih Maju Dari Negara Indonesia

1. Memanfaatkan Waktu Seefektif Mungkin


Bagi masyarakat Jepang membuang waktu secara percuma dan sia-sia, sama halnya dengan menghambur-hamburkan uang. Masyarakat Jepang menganggap waktu adalah uang, jadi mereka akan merasa rugi jikalau membuang waktu secara percuma dan tak produktif. Bahkan saking teguhnya pendirian masyarakat Jepang, negara ini tercatat sebagai negara yang hanya memiliki keterlambatan sebesar tujuh detik saja.

2. Menekankan Kedisiplinan


Di Jepang menanamkan karakter kedisiplinan memang sudah dilaksanakan sejak masih kecil hingga memasuki usia sekolah. Bahkan pendidikan di negara yang memiliki perekonomian maju ini menekankan fokus pendidikan pada etika dimana setiap anak dididik untuk bisa hidup selaras dengan orang lain.

Tak heran jikalau masyarakat Jepang mengutamakan kedisiplinan dalam berbagai hal, termasuk hal-hal kecil, seperti mengantri. Meskipun di Indonesia pemandangan menyerobot antrian seseorang merupakan hal yang biasa, tetapi setidaknya bisa menilik sedikit tingkat kedisiplinan yang diterapkan di negara yang memiliki perekomonian yang berkembang ini.

3. Selalu Menjaga Kebersihan


Meskipun di negara Jepang tak ada istilah semboyan mengenai kebersihan, tetapi masyarakatnya mawas betul mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tempat-tempat keramaian. Tak heran jikalau disetiap sudut wilayah di negara Jepang akan sangat susah sekali menemukan pemandangan sampah berserakan, baik itu di lingkungan sekitar maupun ditempat-tempat hiburan dan keramaian sekalipun.

4. Mengutamakan Kesederhanaan


Walaupun Jepang merupakan salah satu negara penghasil barang-barang eletronik terbesar di dunia dan sudah mampu mengekspor hingga hampir ke seluruh negara, tetapi tahukah Anda gaya hidup masyarakat Jepang terbilang tidak konsumerisme. Masyarakat Jepang sangat populer dengan kepandaian dalam hal menentukan barang-barang yang akan dibeli guna menunjang kehidupannya.

Selain itu masyarakat Jepang juga jeli dalam hal management keuangannya, hingga mendapat predikat sebagai golongan orang super hemat. Meskipun demikain, tingkat kemiskinan di negara Jepang ini relatif jauh lebih rendah dibanding dengan negara Indonesia.

5. Mengutamakan Prestasi


Meskipun termasuk kedalam negara maju, namun Jepang juga memiliki banyak pejabat yang doyan dengan uang rakyat atau korupsi. Tetapi bedanya bagi para pejabat yang tertangkap tangan korupsi akan mengundurkan diri karena merasa malu, bahkan hingga bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut yang dikenal dengan istilah harakiri, jikalau terbukti melakukan kesalahan yang berat dan fatal.

Itulah ulasan mengenai alasan mengapa Jepang lebih maju dari Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menjadi cerminan bagi masyarakat Indonesia guna menciptakan teknologi masa depan yang canggih.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!

2 Comments

Bener gan karena memang 5 poin itu susah buat ditiru oleh negara kita. Apalagi poin ke 3

iya gan, semoga menjadi pembelajaran dan cerminan untuk kita dan generasi penerus bangsa ini :)


EmoticonEmoticon