Sabtu, 12 Januari 2019

5 Budaya Positif Orang Jepang yang Wajib Ditiru oleh Bangsa Indonesia

Kawanbar.com - Selain kecanggihan teknologi dibidang otomotif dan elektoniknya yang semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat, ada segudang budaya positif orang jepang yang wajib untuk ditiru. Seperti etos kerjanya yang tinggi, sikap patuh dan tertib terhadap seluruh peraturan hingga pola pikirnya yang terus berkembang dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru untuk negaranya.

Banyak kebiasaan-kebiasaan yang patut dicontoh dari Jepang, tak heran jikalau karena kebiasaan positifnya tersebut mampu membangun negaranya untuk terus maju dalam aspek apapaun. Lantas apa saja budaya positif orang Jepang yang wajib ditiru orang-orang Indonesia? Berikut adalah beberapa sikap posif yang patut dicontoh dari Jepang guna diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Kebiasaan Positif Orang Jepang yang Wajib Dicontoh Indonesia

1. Menggunakan waktu seefektif mungkin


Budaya positif orang Jepang yang wajib ditiru adalah menekankan prinsip waktu adalah uang. Jepang merupakan salah satu negara yang tercatat memiliki keterlambatan hanya sekitar 7 detik saja. Kebanyakan warga Jepang lebih memilih datang lebih awal disaat berangkat bekerja atau berangkat sekolah dan lebih cenderung mengoptimalkan waktunya dengan hal-hal yang positif. Meskipun setelah bekerja warga Jepang lebih sering bersenang-senang namun mereka tak akan ada rasa malas untuk bekerja keesokan harinya.

2. Memiliki keseharian yang hemat


Meskipun di Jepang banyak sekali beberapa mesin canggih, namun tahukah Anda bahwa kehidupan harian masyarakat Jepang terbilang sangat hemat dan tidak konsumtif. Walaupun di Jepang sudah terdapat banyak sekali alat canggih yang memiliki kemampuan untuk menghemat kebutuhan untuk membuat hidup lebih produktif namun masyarakat Jepang lebih cenderung memilih belanja ke toko atau supermarket pada jam-jam menjelang toko tersebut akan tutup, yaitu kurang lebih sekitar pukul setengah delapan malam. Sebab pada saat menjelang toko tutup pasti toko tersebut akan memberi potongan harga hingga 50 persen.

3. Tidak ada budaya mentraktir teman


Lain di Indonesia lain halnya di Jepang. Di Indonesia budaya mentraktir dan mengajak teman untuk jalan atau sekedar makan bersama adalah salah satu hal yang lumrah dan kerap kali di lakukan oleh beberapa orang. Namun, sepertinya budaya yang cukup lumrah di Indonesia ini sering dianggap hal tabu bagi seluruh warga Jepang. Meskipun diajak teman untuk sekedar jalan bersama bukan berarti Anda dibebaskan dari biaya makan yang telah dipesan, justru masyarakat Jepang lebih cenderung membayar makanan yang dipesannya sendiri-sendiri.

4. Membatasi penggunaan gadget


Meskipun Jepang terkenal dengan negara yang memiliki kecanggihan bidang teknologi yang mumpuni hingga ke mancanegara, bukan berarti seluruh masyarakat Jepang bebas menggunakannya dengan sesuka hati. Justru dalam beberapa kegiatan banyak instansi yang melarang membawa atau menggunakan gedget untuk keperluan pribadinya. Hal ini bertujuan supaya semua warga bisa fokus dalam satu kegiatan yang dilakukan.

5. Menanamkan budaya baca


Kebudayaan membaca memang sudah ditanamkan warga Jepang sejak masih kecil. Tak heran jikalau mereka lebih senang menggunakan waktu luangnya untuk membaca guna mencari wawasan ilmu pengetahuan  dibanding menggunakannya untuk memainkan sebuah ponsel. Terlebih ketika mereka berpergian menggunakan sebuah transportasi umum yang memakan waktu lama, sudah pasti yang dibawa adalah buku bacaan yang beragam guna mengisi waktu luang di dalam transportasi tersebut.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai sederet budaya positif orang Jepang yang wajib ditiru dan dijadikan motivasi untuk menjalankan kehidupan. Ternyata selain populer dengan kecanggihan teknologi dan etos kerja yang tinggi, warga Jepang juga kreatif, inovatif serta disiplin dalam menaati peraturan. Tak heran jikalau kini Jepang menjadi negara yang maju berkat kepribadian warganya.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!

2 Comments

Pengen ke jepang dan berkenalan sma orangnya :D


EmoticonEmoticon