Sabtu, 12 Januari 2019

3 Film Animasi Jepang yang Ternyata Pernah Ada di Nomine Piala Oscar

Kawanbar.com - Piala Oscar adalah salah satu ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Amerika, sebagai sarana untuk mengapresiasi terhadap industry perfilman . Salah satu ajang nomine tersohor yang juga kerap disebut dengan Academy Award ini memiliki banyak sekali nomine dalam industry film, salah satunya yaitu penganugrahan film animasi terbaik .

Meskipun berbeda negara, namun perkembangan industri anime di Jepang mampu merambah hingga ke berbagai negara-negara besar yang notabene juga memiliki tontonan anime yang tak kalah menarik. Meskipun pada tahun 2018 silam sederet film anime Jepang belum mampu masuk ke dalam kategori nominasi animasi terbaik. Namun tahukah Anda, bahwa beberapa tahun lalu ada beberapa film animasi Jepang yang ternyata pernah ada di nomine Piala Oscar sebagai animasi terbaik.

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja film animasi Jepang yang ternyata pernah ada di nomine Piala Oscar berikut adalah penjelasannya untuk Anda

Judul Anime Jepang yang Pernah Jadi Nomine Piala Oscar

1. Spirited Away


Serial animasi yang dirilis tahun 2011 silam ini pernah menyabet piala animasi terbaik dari ajang bergengsi Piala Oscar. Film animasi Spirited Away ini menceritakan sebuah kisah tentang Chihiro yang merupakan seorang anak yang mengikuti orang tuanya untuk pindah ke desa karena satu dan lain hal.

Meskipun sepi, tetapi desa tujuan tersebut memiliki banyak sekali makanan yang melimpah ruah, tetapi karena ketidak tahuan Chihiro harus menyaksikan kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi karena menyantap makanan yang dipersembahakan untuk dewa.

Karena ingin menyelamatkan orang tuanya ia pun harus rela bekerja kepada seorang penyihir  dengan iming-iming mengembalikan kedua orang tuanya kembali seperti sedia kala. Berkat alur dan penataan latarnya yang detail dan teliti, film animsi Jepang mampu bersaing dengan beberapa film animasi lainnya yang tak kalah menarik dari berbagai negara maju.

2. Howl’s Moving Castle


Selanjutnya adalah Howl’s Moving Castle. Film ini menceritakan seorang pemuda bernama Wynne Jones yang terlahir dengan kemampuan fantasi yang tak dimiliki oleh semua orang.

Tak sama dengan penduduk lainnya yang tinggal disebuah rumah yang dilengkapi dengan keluarga yang sempurna, Wynne Jones justru memilih tinggal disebuah kastil, dimana rumah tersebut mampu bergerak dan berpindah tempat sesuai dengan kehendaknya.

Film animasi yang diangkat dari kisah sebuah novel best seller ini dirilis tahun 2004 dan disutradari oleh Hayao Mizaki ini berhasil menarik banyak minat penonton untuk melihatnya dalam waktu yang singkat.

3. The Wind Rises


The wind rises juga merupakan sebuah film animasi yang pernah menduduki kursi nomine sebagai film animasi terbaik di Piala Oscar beberapa waktu lalu. Meskipun belum mampu menyabet piala dari ajang bergengsi tersebut namun setidaknya film yang dirilis tahun 2013 silam ini memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Film yang diangkat dari sebuah cerita pendek karya Tatsuo Hori ini berfokus kepada dua karkater yaitu seorang laki-laki yang berprofesi sebagai insinyur serta seorang gadis belia yang cantik.

Itulah, sederet film animasi di Jepang yang pernah ada dalam nomine piala Oscar dimana beberapa diantaranya berhasil membawa pulang piala dari ajang bergengsi tersebut. Adanya anugrah penghargaan ini tentunya menjadi cambuk untuk terus melakukan inovasi terhadap perkembangan industri anime untuk mampu menghasilkan tontonan yang menarik dan menghibur.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon