Minggu, 13 Januari 2019

4 Karakteristik Orang Jepang yang Membuat Negaranya Maju

Kawanbar.com - Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kegigihan etos kerja yang tinggi dalam membangun negaranya maju dalam berbagai aspek. Tak heran jikalau kini Jepang sudah berhasil menyabet gelar negara maju yang telah diakui oleh beberapa negara besar lainnya. Meskipun Jepang memiliki letak geografis yang rentan sekali terhadap suatu bencana, namun hal tersebut tak menyurutkan kegigihannya dalam menciptakan kemajuan kehidupan di Jepang dari beberapa sektor.

Nah, dari pada hanya mengetahui beberapa cerita anime dari Jepang saja, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui secara detail mengenai karakteristik orang Jepang yang membuat negara maju guna diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini kami memiliki rangkuman mengenai sederet karakter orang Jepang yang membuat negara maju untuk menciptakan inovasi baru bagi negaranya. Penasaran? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Karakteristik Orang Jepang yang Membuat Negaranya Maju

1. Mandiri


Karakteristik orang Jepang yang membuat negara maju yang telah ditanamkan sejak usia dini adalah sikap mandiri. Di Jepang banyak sekali anak kecil yang sudah bekerja untuk mencari uang saku sendiri, mereka akan merasa malu dan enggan untuk meminta kepada orang tua, meskipun hal tersebut adalah sepenuhnya tanggung jawab orang tua.

Meskipun dalam beberapa kondisi tertentu yang mendesak ia memiliki keteguhan yang besar akan berusaha untuk mengembalikannya. Tak heran jikalau kini masyarakat Jepang tumbuh menjadi seorang pribadi yang mandiri, sehingga tak menggantungkan kelangsungan hidupnya kepada orang lain.

2. Tidak Suka Membuang Waktu


Masyarakat Jepang lebih cenderung memanfaatkan waktu luangnya kepada hal-hal yang positif, seperti bekerja atau membaca daripada menggunakannya untuk nongkrong berjam-jam. Hal ini disebabkan karena di Jepang selalu menekankan prinsip waktu adalah uang, maka tak heran jikalau mereka akan berupaya memaksimalkan waktu luangnya untuk kegiatan yang produktif.

Biasanya di beberapa restaurant atau café selain akan menyediakan berbagai menu juga menyediakan beberapa fasilitas menarik guna menarik pengunjung seperti tempat untuk mengisi baterai ponsel, namun sepertinya pemandangan tersebut tak dapat ditemukan di restauran atau café di Jepang. Pasalnya keberadaan café dan restaurant di Jepang ini hanya digunakan untuk makan saja.

3. Hidup Hemat


Meskipun Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologi berupa elektonik dan otomotif, namun seluruh gaya kehidupan di Jepang terbilang sangat hemat dan tidak konsumtif, padahal di Jepang sudah tersedia beberapa alat canggih yang mampu menekan pengeluaran kebutuhannya yang bisa digunakan.

Bahkan saking memiliki management keuangan yang bagus, warga Jepang justru tak pernah kedapatan membawa barang yang banyak saat berjalan kaki meskipun sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan.

4. Ramah dan Ikhlas kepada orang


Meskipun warga Jepang nampak begitu cuek dan dingin saat berpapasan di jalan, namun ketika Anda menyapanya mereka akan berubah menjadi sangat ramah. Bahkan ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan mereka tak akan segan untuk membantunya meskipun orang yang ditolong belum dikenal.

Selain ramah dan ikhlas karakteristik orang Jepang yang membuat negara maju selanjutnya adalah sopan. Ketika mereka akan menegur seseorang yang melakukan kesalahan, kata pertama yang diucap adalah permintaan maaf, tetapi jika ia yang melakukan kesalahan mereka pasti akan meminta maaf secara berualng-ulang sembari membungkukkan badannya.

Berikut adalah beberapa karakteristik orang Jepang yang membuat negara maju yang bisa dicontoh bagi generasi muda Indonesia. Meskipun memiliki keterbatasan tetapi berkat karakteristik dan sikap yang benar membuat Jepang menjadi negara yang paling disegani diseluruh dunia. Semoga bermanfaat.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon