Senin, 28 Januari 2019

8 Tata Cara Berendam di Onsen yang Baik dan Benar

Kawanbar.com - Jepang memang sangat populer dengan negara sejuta inovasi masa depan yang sangat canggih. Banyak sekali bukti kecanggihan Jepang yang telah diakui banyak negara dalam bidang teknologi serta otomotifnya. 

Tahukah Anda dibalik obsesi Jepang yang kuat terselip beberapa hal futuristik yang melatarbelakangi kuatnya tradisi budayanya. Namun, dari sekian banyak tradisi yang berkembang di Jepang, berendam di onsen termasuk dalam salah satu tradisi yang paling menarik bahkan kerap dianggap aneh oleh sebagian negara.


Onsen merupakan tradisi Jepang yang dianggap sebagai kegiatan mengistirahatkan tubuh dengan cara berendam di bak yang berisikan air panas yang berasal dari mata air alami dengan suhu sekitar 104 derajat celcius. Tradisi yang sudah ada sejak abad ke 8 ini biasanya akan diselenggarakan ketika musim dingin tiba. Hingga saat ini sudah berkembang lebih dari 3000 titik onsen yang tersebar dari Hokkaido hingga Okinawa yang terletak di sisi selatan Jepang.

Meskipun hanya kegiatan berendam di air panas, namun ada beberapa langkah berendam di onsen yang wajib Anda patuhi. Nah, sebelum memutuskan untuk berendam di onsen alangkah lebih baiknya jikalau patuhi terlebih dahulu tata cara berendam di onsen yang baik dan benar guna memberikan kenyamaan Anda ketika berendam. Apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya untukmu.

Tutorial Berendam di Onsen

1. Melepas sepatu


Langkah berendam di Onsen yang pertama adalah melepas sepatu. Hal ini dimaksudkan karena biasanya di tempat onsen sudah menggunakan tatami atau tikar khas Jepang untuk menutupi lantainya. Supaya tak mengotori tatami yang terpasang pada lantai, maka Anda disarankan untuk melepas alas kaki dan menyimpannya di rak penyimpanan yang telah disediakan.

2. Menyimpan pakaian di loker


Untuk menikmati sensasi berendam di Onsen, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan sehelai kain guna menutupi bagian tubuh Anda. Oleh karena itu pengelola sudah menyediakan loker tersendiri guna menyimpan pakain Anda. Peraturan yang kerap dianggap aneh sebagian negara ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian dan kebersihan kolam air panas.

3. Mencuci badan sebelum berendam


Supaya air di kolam tetap bersih, Anda akan dianjurkan untuk membilas tubuh terlebih dahulu di shower yang telah disediakan.

4. Masuk ke dalam onsen dengan tenang


Meskipun hanya tinggal memasuki tempat onsen saja, Anda juga disarankan untuk menjaga ketenangan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan pengunjung lainnya pada saat melakukan onsen.

5. Meletakkan handuk di atas kepala


Meletakkan handuk di atas kepala ini bertujuan untuk menyeimbangkan suhu di dalam tubuh supaya tekanan darah selalu dalam keadaan yang stabil.

6. Tidak boleh mengambil gambar


Karena semua peserta onsen dianjurkan untuk tidak memakai baju maka Anda tidak di perbolehkan untuk mengambil foto atau diarea onsen ini karena akan dianggap kurang sopan.

7. Berendam dengan tenang


Karena tujuan berendam di onsen ini untuk mengisirahatkan tubuh, maka tak heran jikalau Anda dituntut untuk tetap tenang dan dilarang membuat kegaduhan supaya tak mengganggu pengunjung lainnya.

8. Keringkan badan setelah berendam


Setelah selesai berendam di Onsen, langkah selanjutnya adalah mengeringkan tubuh menggunakan handuk. Hal ini bertujuan supaya tak ada sisa air yang tersisa di tubuh Anda.

Demikianlah info mengenai tata cara berendam di onsen yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jepang. Setelah membaca tutorial berendam di onsen tersebut diatas jangan lupa untuk mencobanya supaya kegiatan berendam Anda semakin menyenangkan dan nyaman. Selamat mencoba dan terima kasih.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon