Minggu, 13 Januari 2019

9 Teknologi robot jepang paling modern dan bermanfaat

Kawanbar.com Di acara robot yang berlangsung di Jepang, ada banyak model teknologi robot modern jepang yang bermanfaat dan unik seperti robot berbentuk kertas dan robot berbentuk bayi.


Dalam pameran robot internasional empat hari yang berlangsung di Jepang, 5.000 robot dari 450 perusahaan berkumpul di pameran robot terbesar di dunia. Berikut adalah beberapa model teknologi robot Jepang yang mengesankan dari pameran ini.

9 Teknologi robot jepang paling modern dan bermanfaat 

1. Robot origami crane


Kertas origami berbentuk bangau terpencil ini beratnya hanya 31 gram, yang dikembangkan oleh Rohm Group, sebuah perusahaan elektronik Jepang. Disebut Lazurite Fly, bangau ini memiliki tubuh yang dicetak 3D dan bingkai yang terbuat dari tabung karbon, membuatnya ringan dan mampu terbang tinggi di udara.

2. Robot memegang benda-benda, dari Toyota


Produk inovatif terbaru yang disebut Human Support Robot (HSR). Robot ini memiliki kemampuan untuk membersihkan, menggenggam, dan membawa benda-benda kepada orang serta bergerak ke sisi tempat tidur operator, bahkan membuka tirai. Ini semua berguna untuk membantu pasien yang terbaring di tempat tidur.

3. Interkom robot bayi


Robot itu berbentuk seperti bayi dengan kepala dan tubuhnya tampak konyol tetapi tidak menakutkan. Itu hanya prototipe dari robot komunikasi khusus yang disebut "Telenoid".

Produk ini dimaksudkan untuk menyampaikan keberadaan manusia, yang artinya terlihat seperti telepon berbentuk manusia. Pengguna jarak jauh dapat berbicara ke suatu aplikasi dan ucapan mereka akan tercermin pada robot. Telenoid dirancang oleh Profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka. Dia adalah salah satu produsen robot terbaik di dunia.

4. Robot menyelamatkan orang di daerah bencana


Sebagai negara yang paling sering terjadi gempa bumi dan tsunami di dunia, Jepang selalu berinvestasi dalam robot yang digunakan untuk pemulihan bencana. Selama pertunjukan, robot humanoid Kawada HRP 2 melewati puing-puing palsu dan menginjak material berbahaya yang mirip dengan medan di daerah yang baru saja mengalami bencana.

Ada juga jenis robot lain yang ditemukan oleh Universitas Tokyo Jaxon yang mampu melakukan pekerjaan manusia seperti membuka katup. Robot yang digunakan untuk keadaan darurat ini akan menembus area di mana orang tidak dapat mencapai dan melakukan semua pekerjaan untuk menggantikan manusia.

5. Robot Android nyata yang meniru karakter historis orang yang telah meninggal


Ini adalah gambar robot Leonardo da Vinci berbahasa Jepang yang dikembangkan oleh Universitas Osaka. Tujuan dari robot ini adalah untuk membantu siswa mempelajari sejarah dengan lebih mudah dan lebih menarik.

6. Robot Pepper


Gambar yang baru saja Anda lihat adalah robot Pepper yang sedang beristirahat sebelum melangkah keluar ke panggung dan beraksi. Pepper adalah robot humanoid, sangat ramah, mampu berbicara dan mampu membaca ekspresi emosional pada wajah manusia untuk mengubah perilaku yang sesuai.

Misalnya, robot Peppers memiliki kemampuan untuk menceritakan lelucon ketika menyadari Anda sedang sedih. Ini adalah proyek raksasa telekomunikasi Jepang SoftBank dan perusahaan robot French Aldebaran. Peppers saat ini hanya tersedia di Asia dan Eropa. Dan jika Anda memenuhi syarat, Anda akan dapat memiliki robot Pepper ini. Namun produk ini hanya dikirimkan 1.000 unit.

7. Robot Kerangka


Ini adalah produk yang dikembangkan oleh Universitas Tokyo dan perusahaan perawatan kesehatan Asahi Sun Clean. Robot ini menggunakan udara terkompresi untuk membantu pengguna berjalan atau mengangkat benda berat. Ini akan menjadi alat yang efektif untuk orang cacat atau orang lanjut usia. Jepang adalah negara dengan populasi terbesar di dunia, jadi robot jenis ini akan sangat berguna bagi negara tersebut.

8. Robot Manekin


Manekin masa depan ini diperkenalkan oleh perusahaan robot Jepang Muscle Corporation. Mereka memiliki kemampuan untuk bergerak dan menciptakan berbagai bentuk. Jepang adalah negara pertama yang menggunakan personil robot di toko-toko.

9. Robot pengangkat industri super sehat dan super pintar


Lengan robot monster ini begitu kuat sehingga dapat mengangkat seluruh mobil tanpa menuangkan tenaga manusia. Ini adalah produk dari Fanuc Corp, menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk menemukan dan mengangkat benda berat yang ditempatkan di posisi apa pun dengan akurasi hingga 90%.

Itulah tadi 9 teknologi robot jepang paling modern dan bermanfaat yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon