Minggu, 13 Januari 2019

5 Tradisi Unik di Jepang yang Patut Kita Ketahui

Kawanbar.com - Jepang sangat populer dengan perkembangan teknologi dalam bidang elektonik serta otomotif yang sangat canggih dan pesat. Tak heran jikalau negara yang akrab dengan julukan matahari terbit ini termasuk dalam negara yang maju dan modern.


Namun, terlepas dari kecanggihan teknologi yang patut di contoh dari Jepang, ada beberapa tradisi unik di Jepang yang patut diketahui. Meskipun gaya kehidupan di Jepang terbilang cukup modern, namun nilai-nilai tradisional dengan modern dapat berperan dengan seimbang.

Hal ini terbukti dengan adanya beberapa tradisi unik di Jepang yang patut diketahui karena hingga kini masih dilestarikan dari tahun ketahun. Lantas apa saja tradisi di Jepang untuk nantinya bisa Anda terapkan di negara Indonesia? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Tradisi Unik di Jepang yang Patut Diketahui

1. Pakaian Tradisional


Salah satu tradisi unik di Jepang yang patut diketahui adalah pakaian tradisional yang kerap kali digunakan oleh warganya saat memperingati perayaan acara-acara tertentu. Meskipun terlihat sepele dan simpel, tetapi tahukah Anda untuk memakai pakaian tradisional Jepang yang bernama kimono ini membutuhkan waktu berjam-jam. Bagi Anda yang memiliki kesempatan berkunjung ke negara yang populer dengan pohon sakura ini mencoba pakaian tradisional Jepang adalah sesuatu hal yang sayang sekali apabila dilewatkan.

2. Desain taman khas Jepang


Dalam menentukan model dan desain taman khas Jepang ini bukanlah suatu perkara yang mudah. Pasalnya selain memiliki desain yang unik dan menarik tentunya juga harus mampu mempertegas filosofi yang tergambarkan. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa keberadaan taman khas Jepang ini memiliki filosofi yang mendalam yaitu melambangkan ketenangan dan keharmonian manusia di alamnya, maka tak heran jikalau di dalam taman tersebut beberapa unsur elemen penting seperti kayu, air, pohon, tanah, batu hingga jembatan kerap kali di aplikasikan dalam landscape taman bergaya Jepang ini.

3. Makanan Khas


Salah satu makanan khas negara Jepang yang sangat populer di berbagai negara hingga ke Indonesia adalah sushi. Sushi merupakan nasi yang dilengkapi dengan irisan ikan atau olahan laut lainnya untuk dijadikan sebagai topping. Meskipun terlihat simpel dan sepele namun jangan salah menikmati sensasi sushi ketika di Jepang sudah menjadi tradisi unik di Jepang yang patut diketahui jikalau bertandang ke negara matahari terbit ini.

4. Upacara Minum Teh


Walapun hanya sekedar meminum teh, namun hingga kini tradisi unik di Jepang yang patut diketahui ini akan berlangsung sangat lama dan hingga saat ini tradisi tersebut masih terselenggarakan dengan baik dari tahun ke tahun. Kegiatan upacara minum teh ini memiliki banyak sekali filosofi yang berarti bagi masyarakat Jepang seperti ketelatenan, kesabaran serta ketenangan pikiran

5. Kaligrafi


Meskipun di berbagai negara besar lainnya kegiatan seni kaligrafi bukanlah sesuatu hal yang mengherankan, namun tahukah Anda bahwa di Jepang untuk membuat sebuah kerajinan seni kaligrafi di perlukan konsentrasi yang tinggi, bahkan ada beberapa seniman yang harus melakukan meditasi terlebih dahulu demi menciptakan karya yang unik.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mengunjungi jepang sembari menyaksikan beberapa tradisi unik di Jepang yang patut diketahui ini. Kegiatan melestarikan tradisi dan kebudayaan ini merupakan beberapa kegiatan yang patut di contoh dari Jepang. Meskipun dikelilingi gaya hidup yang modernisasi namun nilai tradisional akan terus digenggam erat oleh semua warganya.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon