Kamis, 07 Februari 2019

Cara Membuat Mie Soba Jepang yang Enaknya HQQ dengan Mudah


Kawanbar.com - Mie soba merupakan salah satu makanan tradisional Jepang yang sangat melekat erat dengan kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Tampilan mie khas Jepang yang populer ini hampir menyerupai dengan tempura dan sushi yang juga termasuk dalam sederet makanan tradisional Jepang. Cara membuat mie soba pun terbilang simpel hanya dengan menggunakan gandum saja sebagai bahan dasarnya.

Jenis mie yang terdiri dari beberapa macam ini biasa disajikan dengan cara yang berbeda, yaitu bisa mencampurkannya dengan kuah hangat atau didinginkan terlebih dahulu diatas keranjang bambu lalu disantap dengan menggunakan kuah hangat. Makanan yang banyak terdapat di restaurant khas Jepang atau kedai pinggir jalan di Jepang ini sangat mudah sekali ditemui.


Nah, bagi Anda yang hendak membuatnya sendiri, kami memiliki tips membuat mie soba yang baik dan benar yang bisa Anda coba praktekkan di rumah tanpa harus jauh-jauh ke Jepang. Penasaran bagaimana cara membuat mie soba?

Langkah-langkah membuat mie soba:

1. Langkah membuat mie soba yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, antara lain seperti biji tumbuhan soba, tepung gandum serta air yang matang

2. Kemudian sebelum mencampurkan ketiga bahan tersebut, haluskan terlebih dahulu biji tumbuhan soba hingga benar-benar halus.


3. Setelah itu barulah campurkan antara tepung gandum dengan biji tumbuhan soba yang telah dihaluskan tadi kedalam mesin pengaduk bahan mie. Mesin tersebut nantinya bisa secara otomatis menggabungkan kedua bahan tersebut secara merata serta membuat adonan menjadi kalis.


4. Jangan lupa sembari menunggu adonan tepung gandum dengan biji tanaman soba tercampur merata di dalam mesin pengaduk bahan mie, tambahkan sedikit demi sedikit air matang kedalam adonan hingga tampilan adonan menjadi kalis.

5. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur rata dan membentuk sebuah adonan dengan warna yang berubah menjadi agak pucat, tekan-tekanlah secara perlahan pada permukaan adonan hingga permukaan adonan berubah menjadi halus. Hal ini dimaksukan supaya adonan bisa dengan mudah nantinya di masukkan ke dalam mesin pemipih mie.


6. Selanjutnya masukkan adonan halus tersebut ke dalam mesin mie untuk selanjutnya di pipihkan dan diatur ketebalannya menggunakan mesin tersebut sesuai dengan selera. Umumnya penampilan mie soba memang sedikit tebal namun tingkat ketebalannya tak serupa dengan mie udon.


7.  Setelah tingkat ketebalan mie dirasa pas, maka selanjutnya lipatlah adonan menjadi beberapa bagian. Kemudian barulah masukan secara perlahan adonan yang telah dihaluskan tersebut kedalam mesin perajang mie. Selain memudahkan pekerjaan penggunaan mesin perajang mie ini juga dirasa akan mempermudah proses pencetakan adonan mie, supaya menghasilkan tampilan yang sempurna, baik itu bentuk maupun teksturnya.


8. Setelah cara membuat mie soba tersebut dilakukan sesuai perintah dan aturan, maka segara rebus helaian mie soba tersebut di dalam panci yang telah terisi air mendidih secara perlahan.


9. Setelah mie setengah matang angkat dan tiriskan. Nah mie soba sudah siap untuk diolah.


Mie soba umumnya bisa di masak dengan dua variasi yaitu Zaru Soba dan Soba Kuah. Kedua jenis variasi mie soba tersebut memang memiliki perbedaan pada tampilan penyajian. Umumnya Zaru Soba disajikan dalam keadaan dingin dan ditemani dengan kuah segar namun Soba Kuah akan menampilkan mie soba yang sudah tercampur dengan kuah saat disajikan.


Nah, demikianlah cara membuat mie soba yang baik dan benar yang dapat kami paparkan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba terima kasih.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon