Kamis, 21 Februari 2019

8 Tata Cara Mandi di Sentou Jepang yang Wajib Diketahui


Kawanbar.com - Sentou merupakan tradisi mandi bersama pada sebuah kolam air panas yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Tradisi yang sudah berkembang sejak tahun 1923 ini dulunya adalah sebuah tempat alternatif masyarakat Jepang untuk berendam dan mandi saat musim dingin tiba karena banyak penduduk yang tidak memiliki kamar mandi dirumahnya. Meskipun kini jumlah sentou di beberapa wilayah berkurang karena adanya ofuro disetiap rumah, namun tradisi ini masih tetap dilestarikan hingga saat ini.

Tata cara mandi di Sentou tidak jauh berbeda dengan Onsen, hanya saja sumber mata air yang dipancarkan dari kedua pemandian inilah yang menjadi pembeda. Umumnya sumber air panas Onsen berasal dari mata air alami, sedangkan sumber air panas Sentou tak berasal dari mata air alami. Meskipun demikian, Anda akan tetap merasakan sensasi berendam yang asik sekaligus menyenangkan


Supaya tak mengganggu pengunjung lainnya, ada beberapa tata cara mandi di Sentou yang wajib dipatuhi oleh semua pengunjungnya. Dimana langkah mandi di sentou ini tidak jauh berbeda dengan pemandian Onsen. Penasaran bagaimana tata cara mandi di Sentou? Langsung saja simak tata cara selengkapnya berikut.

Tata Cara Mandi di Sentou Jepang yang Wajib Diketahui

1. Melepas alas kaki


Sebelum memasuki ruangan Sentou, Anda akan diarahkan untuk melepas alas kaki dan menyimpannya di loker yang telah disediakan. Setelah itu Anda diwajibkan untuk membayar tiket di ruang reseptionis menggunakan uang tunai sesuai tarif yang ditentukan.

2. Menyimpan barang berharga


Selanjutnya Anda akan dibimbing untuk masuk ke ruang ganti, dimana diruangan tersebut sudah tersedia loker yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan pakaian serta barang-barang berharga lainnya.

3. Melepas seluruh pakaian


Meskipun nampak aneh untuk sebagian negara, namun di Jepang melepas seluruh pakaian ketika hendak mandi di pemandian umum merupakan sebuah tata cara mandi di Sentou yang wajib dipatuhi dan sudah menjadi sebuah norma.

4. Membasuh badan


Sebelum memasuki kolam sentou pastikan bahwa badan Anda sudah di basuh sebelumnya. Hal ini dimaksudkan selain demi menjaga kesehatan dan kebersihan kolam tentunya juga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain.

5. Dilarang membasahi handuk di kolam


Membasahi handuk di kolam Sentou memang bukanlah tata cara mandi di Sentou yang baik dan benar. Selain memang tidak dianjurkan oleh pengelola untuk membasahi handuk di kolam, tentunya juga demi menjaga kesehatan dan kebersihan kolam. Namun tenang saja, Anda masih bisa menyampirkan handuk di kepala demi menjaga tekanan darah tetap stabil ketika berada di air panas.

6. Selalu menjaga ketenangan


Seluruh pemandian umum di Jepang memang menganjurkan untuk tidak membuat gaduh. Hal ini bertujuan selain membuat suasana menjadi lebih tenang tentunya juga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.

7. Mengeringkan badan


Sebelum masuk ke ruang ganti pastikan badan Anda sudah dalam keadaan kering. Hal ini dimaksudkan supaya tak membuat lantai menjadi basah dan becek.

8. Tidak boleh membawa smartphone


Karena seluruh pengunjung diwajibkan untuk tidak menggunakan busana ketika hendak mandi. Maka setiap pengunjungnya dilarang membawa Hp atau kamera untuk mengambil gambar, karena akan dianggap tidak sopan.

Sekian tata cara mandi di Sentou yang bisa kami jabarkan pada kesempatan kali ini. Meskipun bagi sebagian orang menganggap tata cara mandi di Sentou ini terlalu ketat, namun itulah tata karma yang wajin dipatuhi oleh setiap pengunjungnya demi menghormati sejarah dan tradisi di Jepang.

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!


EmoticonEmoticon