Senin, 04 Maret 2019

9 Makanan Jepang yang Mirip Makanan Indonesia

Kawanbar.com - Meskipun Indonesia masih termasuk kedalam negara yang masih berkembang, namun keanekaragaman hayati serta destinasi wisata kuliner yang dimiliki oleh Indonesia tidak bisa dianggap enteng. Hal ini terbukti dengan banyaknya turis mancanegara yang plesiran ke Indonesia demi mencicipi deretan makanan khasnya yang kaya akan rempah-rempah.


Begitupun dengan negara Jepang, negara yang populer dengan kecanggihan teknologi masa depannya ini juga merupakan salah satu negara yang menjadi impian bagi setiap para wisatawan ketika hendak plesiran ke luar negeri. Selain memiliki keunikan kultur budayanya, Jepang juga memiliki destinasi wisata kuliner yang tidak kalah menarik dengan negara-negara lainnya.


Banyak yang belum mengetahui secara pasti bahwa terdapat beberapa makanan Jepang mirip makanan Indonesia, baik dalam elemen komposisinya hingga bentuk tampilan sajiannya. Seperti misalnya apem. Apem merupakan salah satu makanan tradisioanl khas Indonesia yang berasal dari pulau Jawa yang ternyata memiliki tampilan dan bentuk mirip dengan makanan khas Jepang yaitu dorayaki.

Selain apem, ada beberapa jenis makanan Jepang yang mirip makanan Indonesia lainnya yang dapat kami jabarkan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Lantas apa saja makanan Jepang yang memiliki kemiripan dengan makanan Indonesia? Berikut 9 makanan Jepang yang mirip makanan Indonesia yang wajib Anda cicipi.

9 Makanan Jepang yang Mirip Makanan Indonesia

1. Ramen dengan Mie Ayam


Makanan khas Jepang dan makanan asli Indonesia ini sekilas memang memiliki penampilan yang serupa dan hampir mirip karena sama-sama menggunakan mie sebagai bahan dasarnya. Selain itu makanan jepang yang mirip makanan Indonesia ini juga sama-sama mie basah yang disajikan dengan guyuran kuah hangat yang nikmat dan lezat.

Tak hanya tampilan bahan dasarnya saja namun ramen dengan mie ayam ini juga sama-sama di lengkapi dengan beberapa toping menarik lainnya. Seperti misalnya sayur mayur serta beberapa olehan daging yang mampu menggugah selera serta membangkitkan citarasa sebuah masakan.

Meskipun demikian, kedua makanan juga memiliki beberapa perbedaan yang tidak terlalu berarti. Seperti harganya, biasanya harga makanan Jepang akan dibandrol dengan tarif yang cukup mahal dibanding dengan harga semangkuk mie ayam pada umumnya.

2. Gyoza dengan Pangsit


Kuliner Jepang lainnya yang hampir mirip dengan makanan khas Indonesia adalah Gyosa dan Pangsit. Secara kasat mata memang kedua jenis makanan ini memiliki tampilan yang sama dengan sama-sama berwarna putih pada tampilan luarnya. Namun makanan khas Jepang Gyoza ini biasanya terbuat dari daging udang yang di cincang kemudian diselimuti dengan lembaran kulit yang terbuat dari tepung terigu sebagai pembungkusnya.

Hampir sama dengan pangsit yang juga terdapat isian di dalamnya yang kerap kali ditemui ketika menyantap bakso ataupun mie ayam sebagai komposisi pelengkap kenikmatan. Kedua makanan unik ini juga dibuat dengan cara di rebus atau dikukus untuk mematangkan bagain luarnya. Namun meskipun demikian banyak orang yang berinovasi dengan menggoreng gyoza dan pangsit ini sebelum menyantapnya.

3. Dango-Klepon


Makanan Jepang yang mirip dengan makanan Indonesia berikutnya adalah Dango dan Klepon. Kedua jajanan ini memiliki tampilan yang mirip dan berbentuk lingkaran. Selain itu Dango dan Klepon juga terbuat dari tepung beras sehingga sama-sama memiliki tekstur kenyal dengan sedikit rasa manis yang terasa di lidah.

Namun meskipun tekstur, tampilan hingga bahan dasar yang digunakan sama tetap saja kedua cemilan yang nikmat dan lezat ini memiliki isian yang berbeda. Biasanya Dango akan menggunakan kacang merah sebagai isiannya, sedangkan Klepon umumnya menggunakan gula jawa sebagai isiannya serta tambahan taburan parutan kelapa diatasnya untuk memberikan rasa gurih.

4. Yakitori dengan Sate


Yakitori adalah makanan asli Jepang yang ditusuk menggunakan sebuah batang bambu yang telah diruncingkan dan mirip dengan sate yang merupakan makanan khas Indonesia yang paling populer. Kedua jajanan ini sama-sama menggunakan bahan dasar daging yang di lumuri bumbu-bumbu khusus dan dibakar.

Meskipun sekilas kedua jenis makanan ini hampir sama, namun ada elemen pembeda yang terletak pada bumbu atau sausnya. Biasanya Yakitori menggunakan bumbu berupa kecap asin guna membangkitkan rasanya, sedangkan pada sate umumnya menggunakan bumbu berupa saus kacang sebagai pelengkap saat menyatapnya.

5. Doriyaki dengan Apem


Meskipun bukan merupakan makanan khas Indonesia namun mayoritas warga Indonesia telah cukup populer dengan kue Dorayaki. Kue kesukaan doraemon yang mirip seperti pancake ini sekilas menyerupai dengan kue apem yang merupakan kue tradisional khas negara Indonesia.

Mulai dari bentuknya yang bulat atau bundar, bahan dasarnya yang menggunakan tepung beras dan diuleni dengan campuran santan dan telur hingga cara pembuatannya pun sama yaitu dikukus. Kendati demikian, kedua makanan ini tak hanya dikukus semata namun banyak yang berinovasi dengan membakarnya. Hal ini tentunya akan membangkirkan citarasa yang menggugah selera.

6. Yakisoba dengan Mie Goreng


Kedua makanan ini memang tidak memiliki banyak sekali perbedaan yang berarti. Sebab selain memiliki tampilan yang sama, kedua jenis makanan enak ini juga menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan mie yang kemudian dipilin menyerupai juntaian mie. Setelah itu barulah di padukan dengan bumbu-bumbu rempah yang ditambahi dengan toping yang bervariasi.

7. Mochi dengan Kue Bugis atau Onde-Onde


Mochi kerap kali dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Jepang yang wajib dibawa pulang ketika plesiran di negeri Sakura ini. Makanan khas Jepang yang memiliki bentuk bulat dan terbuat dari bahan dasar tepung terigu ini juga memiliki penampilan yang mirip dengan kue Bugis dan onde-onde. Hanya saja Kue Mochi lebih color full karena tampil dengan warna-warni

8. Onigiri dengan Lontong


Onigiri merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari kepalan nasi yang dibungkus dengan kertas nori. Sekilas Onigiri mirip dengan makanan Indonesia yaitu lontong yang sama-sama terbuat dari beras/nasi. Biasanya lontong ini akan disantap dengan opor ayam sebagai pengganti nasi

9. Okonomiyaki dengan Martabak Asin


Kedua makanan yang sangat cocok untuk disantap dalam keadaan panas ini memiliki bentuk yang sama yaitu pipih. Bahkan bahan dasar yang digunakan untuk membuat kedua makanan ini juga sama yaitu terdiri dari tepung, irisan kol, daging serta beberapa komposisi lainnya. Meskipun demikian, Okonomiyaki biasanya akan disajikan dengan siraman saus sedangkan martabak asin lebih cenderung disantap dengan paduan acar.

Demikianlah tentang review 9 makanan Jepang yang mirip makanan Indonesia yang dapat kami sajikan untuk Anda. Meskipun sekilas nampak suatu kemiripan yang berarti tetapi deretan makanan ini memiliki citarasa yang berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, tak jarang jikalau beberapa cemilan di Jepang sering menjadi incaran oleh-oleh para wisatawan. Nah bagi kalian yang berlibur ke Jepang sangat wajib untuk mencoba makanan-makanan khas diatas. Ingat ya!

Thanks for read. Please rate and give comment below. If you like my content, share this article. Kawan Bar, Enjoy!!!

1 Comments

Jadi pengen cicip masakan itu.


EmoticonEmoticon